Mar 102019

Tips Sukses Digital Marketing untuk Pemula

Spread the love

Membahas tentang konsep digital marketing telah banyak di lakukan di berbagai kalangan masyarakat belakangan ini. Berbagai perusahaan berlomba melakukan rekrutasi calon pekerja yang memiliki kemampuan digital marketing untuk dapat berkontribusi dan mendukung jalannya bisnis. Di sisi lain, ketrampilan dalam bidang digital marketing telah menjadi nilai tambah yang dapat dimiliki seseorang, hingga akhirnya menjadi kelebihan tersendiri untuk memberikan manfaat bagi lebih banyak pihak.

Di era serba modern ini, marketing digital, atau yang secara mudah dapat diartikan sebagai praktik pemasaran melalui usaha atau media digital, dinilai sangat penting. Berbagai macam aspek kehidupan kita telah dilandaskan aplikasinya pada teknologi berbasis digital. Setiap orang dituntut untuk mampu mengikuti, bahkan mampu menciptakan ladang digitalnya sendiri agar dapat memperoleh keuntungan. Misalnya, mode jual beli kini telah merambah ke ranah online. Penunjuk arah di berbagai jalan kian diacuhkan karena pengendara mengutamakan penggunaan peta berbasis digital melalui perangkat pintar masing-masing.

Mengenal Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secara mudah konsep tersebut dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang memanfaatkan sarana digital. Lebih lanjut, upaya pemasaran hingga penyediaan sarana jual dan beli dilakukan dengan menggunakan media berbasis teknologi digital. Cara pemasaran seperti telah banyak digunakan karena dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial bahkan dalam waktu dan metode yang lebih praktis. Seiring berjalannya waktu, keberhasilan sebuah usaha digital marketing berangkat dari kombinasinya memadukan pengetahuan akan teknologi dengan psikologi, dan ekonomi atau riset pasar.

Jenis Digital Marketing dan Tips Suksesnya

Bagi pemula, setidaknya terdapat sejumlah jenis digital marketing yang dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu, berikut adalah tips sukses bisnis untuk percobaan awal masing-masing jenis.

  1. SEO

SEO, atau singkatan dari Search Engine Optimization, adalah usaha memaksimalkan potensi website agar mendapat peringkat yang baik pada mesin-mesin pencari. Dengan mengaplikasikan Big Data dan kostumasi kata kunci topik, membantu website seseorang lebih mudah ditelusuri oleh pengguna internet ketika mencari sebuah topik tertentu yang berhubungan.

  1. SEM

SEM, atau singkatan dari Search Engine Marketing, adalah usaha memaksimalkan visibilitas atau keterlibatan sebuah website pada mesin-mesin pencari. Tidak jauh berbeda dengan SEO, aksi ini bertujuan untuk mempertahankan reputasi yang bagus dari sebuah website agar dapat selalu menempati halaman utama dari hasil pencarian yang diinginkan pengguna internet.

  1. Content Marketing

Content Marketing merupakan sebuah cara untuk melakukan kegiatan pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan distribusi konten. Untuk meningkatkan kualitas sebuah website dalam upaya marketing, konten yang disiapkan harus bersifat relevan dan mengikuti zaman atau. Hal ini akan mendorong kemunculan website setelah pengguna internet melakukan pencarian topik-topik tertentu. Jika memungkinkan seorang digital marketer bahkan dapat melakukan pengiriman surel konten pada pelanggan potensial untuk mendorong adanya interaksi antara kedua pihak.

Content Marketing era kini dapat dikembangkan lagi ke dalam jenis Social Media Marketing (SMM) atau Email Marketing.

  1. PPC

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click. PPC merupakan salah satu jenis beriklan yang paling diminati di jagad internet karena keuntungan yang diprediksi dapat dirasakan secara nyata dan cepat. Sistemnya, seorang digital marketer hanya membayar biaya pemasangan iklan jika ada pengguna internet yang melakukan klik pada iklannya. Dengan biaya yang disesuaikan dengan frekuensi kemunculan, PPC tidak hanya menarik perhatian orang, tetapi juga langsung memberikan keuntungan balik modal.


error: Content is protected !!