Oct 092019

Tips WordPress agar Ngeblog Semakin Mudah

Spread the love

Situs yang hebat dapat mulai dulu dibangun dan kemudahan dan kenyamanan blogging. Bagaimana sebuah situs dapat menyediakan konten-konten berkualitas, hingga bertahan untuk waktu yang sangat lama, jika pengelolanya belum menemukan kemudahan dan kenyamanan dalam ngeblog?

Tips Biar Ngeblog Jadi Lebih Gampang

WordPress adalah sebuah platform yang tersedia untuk menjadi sarana berbagi informasi dan komunikasi. Untuk dapat difungsikan dengan baik dan benar, alangkah baiknya untuk seseorang mencermati cara atau tips dasarnya terlebih dahulu untuk menunjang pengalamannya melakukan blogging. Selain pemikiran yang matang dan kemampuan teknis yang mumpuni, berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk membuat aktivitas ngeblog semakin mudah:

  1. Pengaturan umum yang optimal

Untuk mempermudah aktivitas ngeblog di platform WordPress, pastikan pengaturan umum telah melalui proses optimasi yang maksimal terlebih dahulu. Pada bagian pengaturan panel admin di WordPress pengguna, beberapa aspek yang harus dipastikan tersedia dan terkustomasi dengan baik antara lain adalah judul pos, tagline, zona waktu atau timezone, dan penyediaan permalink. Untuk aspek judul dan tagline sebuah pos, keduanya penting untuk mengidentifikasi konten pada laman WordPress seseorang secara khusus. Selain itu, nama dan profil blog seharusnya sudah diisi dan diatur sedari awal, ya.

Di sisi lain untuk aspek zona waktu, lebih baik pengaturannya dibuat UTC (Universal Coordinated Time). Lebih lanjut untuk aspek permalink, tampilan alamat dari suatu laman WordPress seseorang tentunya akan lebih ramah dipandang jika telah diubah menjadi kesatuan yang rapi.

  1. Keamanan situs yang kuat

Tidak hanya menjaga nama baik atau reputasi suatu situs, laman yang dibiarkan tidak aman tentunya akan mengurangi kemudahan pengalaman ngeblog. Hal ini disebabkan karena adanya kemungkinan diretas pihak tak bertanggung jawab yang mungkin saja menghalau akses masuk ke laman, maupun mengubah laman menjadi sesuatu yang buruk. Langkah-langkah pengetatan laman WordPress harus coba dijalankan, misalnya dengan menggunakan identitas yang tidak mudah ditebak dan mengganti kata kunci akses masuk secara berkala.

  1. Mengaplikasikan SEO

Jika memungkinkan, arus lalu lintas berbagai pengguna internet dapat ditarik dengan mengaplikasikan prinsip SEO pada laman WordPress yang tersedia. Dengan mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), sebuah situs dapat menjadi semakin terkenal alias banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Pengaplikasian SEO dapat dilakukan secara mudah dan mandiri, misalnya dengan selalu memerhatikan tema dan konten unggahan untuk mengikuti tren yang sedang marak. Aplikasi SEO juga dapat dilakukan secara maksimal dengan pengaturan maupun teknik tertentu hingga memanfaatkan sarana digital lainnya.

  1. Membuat rencana unggahan

Untuk memudahkan seseorang dalam mengisi laman WordPress-nya, layanan jadwal unggahan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Menjadwalkan sebuah pos untuk terbit pada waktu tertentu sesuai keinginan pribadi dapat membuat pengalaman mengunggah pos menjadi semakin efisien. Selain membuat pengunjung situs hafal dengan jadwal pembaruan, layanan seperti ini berguna untuk menyiasati kelalaian atau ketidaksempatan melakukan unggahan.

  1. Melakukan back up

Tugas mem-back up sebuah data dapat bermanfaat di kemudian hari. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan situs WordPress kita, sehingga adanya back up di perangkat offline maupun lapak online akan membantu kita mengambil kembali setiap data yang ada dari platform tersebut. Usaha back up yang dapat dilakukan bervariasi, mulai dari pos yang belum diunggah, atau unggahan yang memang sudah diterbitkan. Nantinya, kita bisa bernafas lega karena masih menyimpan persediaan konten-konten khas yang dapat ditampilkan dalam WordPress.


error: Content is protected !!